Akankah Kiamat Tahun 2012?

Sejumlah ramalan mengatakan kalau tahun 2012 dunia akan kiamat. Benarkah? Amina Wadud, seorang perempuan intelektual Muslim, mengatakan kalau dunia saat ini sebaiknya meninggalkan cara hidup purba, yaitu cara hidup yang memang dulu dibutuhkan untuk bertahan hidup di alam ini. Saat ini semua sudah berubah, kita tidak bisa lagi mempertahankan cara hidup seperti manusia kuno. Kita harus lebih menghargai hidup dan lebih mengedepankan sifat-sifat kasih dan pemeliharaan. Saat ini kecenderungan dunia sedang kesana, ke arah yang lebih etis, lebih ramah lingkungan, lebih adil dan lebih menyayangi.

Pada kenyataannya, cara-cara hidup lama yang penuh kekerasan sudah banyak ditolak manusia. Tindakan teror misalnya, akan dengan mudah mendapat kutuk dibanding mendapat simpati. Sikap yang diskriminatif juga mulai ditolak dimana-mana. Betul bahwa masih banyak manusia yang mempertahankan pola lama yang tidak adil. Betul ada sebagian orang yang masih menggunakan kekerasan dan manipulasi untuk mencapai tujuannya. Namun perilaku semacam ini bisa diandaikan seperti lilin yang hendak mati karena habis. Pada saat-saat lilin sudah mau habis, nyalanya justru makin terang, namun tak lama kemudian ia mati sama sekali. Kita boleh berharap demikian dalam hidup yang sekarang ini, perilaku yang tidak etis makin kentara untuk dijauhi orang dan kemudian padam. Ada istilah Jawa untuk ini: sing becik ketitik, sing ala ketara (yang baik akan terlihat dan yang buruk akan terpampang). Akan makin jelas bagi masyarakat mana yang baik dan yang buruk. Semoga.

Jika benar dunia saat ini sedang berada pada titik balik, akankah kiamat datang? Tentu secara ilmiah masih bisa kiamat terjadi walaupun manusia sudah memperbaiki sikapnya. Mungkin saja polusi berkurang, atau lubang ozone mampu diselamatkan, namun masih ada kemungkinan bencana datang dengan cara yang lain, misalnya komet nyasar yang datang ke bumi.

Tapi konsep kiamat muncul justru muncul dalam pola pikir keagamaan atau mitologis. Dalam konsep ini kiamat datang karena campur tangan Tuhan langsung ke bumi untuk mengakhiri satu angkatan di bumi, biasanya karena angkatan tersebut dianggap jahat dan berdosa sehingga perlu dimurnikan. Paling tidak ada dua cerita tentang kiamat di dalam kitab suci agama Samawi, yaitu ketika banjir besar datang pada jaman Nabi Nuh dan ketika kota Sodom dan Gomorah dihancurkan (ini kiamat “kecil”).

Sekarang kalau umat manusia sedang menuju arah perbaikan (istilahnya bertobat) tentu Tuhan tidak jadi menimpakan kiamat itu. Manusia tidak perlu dimurnikan lewat kiamat, karena ia sedang membersihkan dirinya sendiri. Walapun proses “pemurnian” itu tentu akan makan waktu lama, tapi besar kemungkinannya Tuhan akan sabar menunggu. Bukankah kemurahan hati Tuhan melebihi kemarahan-Nya?

Jadi kalau benar kita saat ini menuju perbaikan dan kalau benar fungsi kiamat adalah pemurnian, maka besar kemungkinannya tahun 2012 nanti tidak akan ada kiamat. Atau dengan kata lain, kalau benar anda sekarang ini mampu merubah kebiasaan, pola pikir dan tindakan anda yang jelek dan menuju perbaikan, maka besar kemungkinannya kiamat tidak jadi datang.

Paling tidak kalau kiamat benar-benar datang juga, anda sudah lebih “bersih” dan lebih siap🙂

2 thoughts on “Akankah Kiamat Tahun 2012?

  1. YANG PASTI KIAMAT SUDAH DEKAT,YA IA YA LAH….WAKTU KAN TERUS BERJALAN,INGAT WAKTU TAK PERNAH BERHENTI SEDETIK PUN,JADI TAK MUNGKIN KIAMAT SUDAH MUNDUR.SALAM KENAL DARI SAYA(SUHENDRA)SEKALIAN TUKEREN LINK YUK…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s